Ide rumah back to nature, mulai sejak kian digemari dan menyaingi ide rumah minimalist. Salah satu trik yang akan diterapkan untuk memberikan image back to nature yaitu dengan pemasangan batu ekspose sebab dapat menciptakan tampilan rumah tampak lebih alama dan eksotis. Pemasangan bata ekspose tidak ditutup dan dilapisi finishing plesteran ataupun acian. Disisi lain, tekstur dan pori-pori bata yang kelihatan terang menciptakan batu ekspose kian menarik danunik sehingga memikat mata.

Warna bata ekspose juga kian beraneka, setidaknya ada 7 gradasi warna yang bakal kamu pilih untuk mempercantik dinding rumah kamu. Tujuh warna itu diberinama Caledonia, Teracotta, Casablanca, Macnolia, Borneo, Eldorad, & Anatolia. Warna dasarnya tetap merah dari merah tua ke warna muda.

Biar tahan lebih lama, bata ekspose akan dilapisi waterprofing. Lapisan ini berfungsi menghindarkan air masuk ke dalam pori-pori dan diam di dalam bata. Air yang diam di dalam bata mampu menyebabkan bata keropos dan rusak. diluar itu waterproofing pun mencegah timbulnya lumut, yang merupakan penyakit asli dari bata.

Coating juga mampu ditambahkan sesudah pemakaian waterproofing. Perawatan batu bata butuh disikat atau disemprot air dengan saban dan dilapisi coating kembali setiap beberapa tahun. Tips dalam pemasangan batu ekspose dapat kamu baca di artikel kami mengenai tips pemasangan batu ekspose.