Sebenarnya sebuah rumah dikatakan sebagai rumah idaman minimalis bukan ditentukan oleh luas atau besar kecilnya rumah, namun lebih pada cara desain serta perawatannya. Sebuah rumah megah kemungkinan jauh dari type model rumah yang di cita citakan jikalau penataannya tidak sesuai dan kurang mendapat perawatan. Sebaliknya rumah sederhana yang mungil dapat dikatakan rumah impian

apabila dirancang dengan rapi sehingga terlihat bersih dan terkesan lebih nyaman. Jadi intinya, type rumah idaman cuma akan ditentukan oleh pemilik rumah itu sendiri, mencakup bagaimanakah trik menata dan merawatnya.

desain rumah minimalis masa kini

Ada 4 karakter yang mencerminkan rumah kelihatan indah sehingga patut disebut rumah idaman. Yang pertama rumah tersebut dapat memenuhi standar hemat energi dimana unsur pencahayaan alami didapat dari ventilasi yang serta mesti alami. Yang dimaksud alami disini merupakan terbuat dari material buatan lokal bahkan boleh menjadi dari bahan daur ulang yang mudah dalam perawatannya. Yang kedua, rumah tersebut harus ramah lingkungan, artinya diruangan rumah harus ada area hijau yang terbuka yang merupakan sumber daya potensi lokal. Contohnya dengan sedikit meniru desain bangunan tradisional.Yang ketiga ialah adanya kesinambungan antara eksterior dan interior rumah, artinya antara kedua ruang tersebut mesti ada jalinan satu sama lain. Dan yangkeempat, rancangan rumah harus disesuaikan dengan karakter atau selera dari pemilik rumah itu sendiri

Mendapatkan model rumah yang di cita citakan dengan empat kriteria tersebut sebenar tidak membutuhkan biaya yang mahal. Hanya saja dibutuhkan cara khusus untuk menekan budget pembangunan dan perawatan tidak dengan harus mengesampingkan desain alami rumah, yaitu dengan metode unfinished atau bisa juga dengan material eskspose. Satu contoh misalnya pada bidang lantai bahan yang semestinya memanfaatkan material marmer, bisa diganti bersama material ekspose atau lapisan semen biasa. Terkecuali jauh lebih hemat, lantai yang terbuat dari semen tidak cepat kotor serta tidak terlihat berminyak meskibelum dibersihkan. Dari trik ini kita mampu menyimpulkan bahwa marmer bukan satu-satunya faktor rumah yang harus jadi prioritas untuk meraih predikat rumah idaman.

Pilihan lain barangkali sedikit agak unik adalah bangunan rumah tidak dengan mesti dicat. Aspek ini sangat memungkinkan untuk lebih hemat energi sekaligus hemat biaya. Buat menggantikan fungsi cat tembok kita bisa memanfaatkan acian ekspose. Jadi bangunan tembol hanya sampai pada step lapisan acaian sajatanpa finishing cat. Bahkan apabila memungkinkan bisa tidak dengan lapisan acian, yaitu cuma sampai batas batako atau batako ekspose. Kalaupun finishing cuma sebatas batako maka susunan batako sendiri harus rapi dan rata.

Model rumah yang di cita-citakan dari bentuk rumah yang sederhana ialah menggunakan beton untuk plafon dan posisinya sedikit lebih tinggi untuk menambah kesan luas kepada area. Material bekas sisa-sisa bahan bangunan, misalnya material keramik yang sudah tidak terpakai bisa ditempelkan pada dinding luarruangan sebagai hiasan. Dengan begitu rumah tampak lebih elegan dan mewah.

 

Sumber : desainpropertirumah.com